Thursday, October 7, 2010


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

DATA AND INFORMATION


DATA adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. 

INFORMASI merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PEGGUNAAN KOMPUTER

A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
  1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
  1. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
  2. Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
  3. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
  4. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
  5. Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
  6. Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
  1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
  2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
  3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
  1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
  2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
  1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

Istilah komputer pribadi atau PC mempunyai beberapa arti:
  • Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah.
  • Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.
  • Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat PC IBM.
Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli(membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).



Peladen (dikenal luas sebagai Server) adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.



Embedded Computer

Embedded Computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan di peralatan yang membutuhkan pengendalian otomatis. Biasanya, embedded computer mempunyai sebuah mikroprosesor tunggal. Beberapa peralatan yang mempunyai embedded computer di dalamnya adalah telepon, videotape recorder, pendingin ruangan, dan mobil yang dilengkapi sistem pengapian yang dikendalikan, dan sebagainya.


Program National Science Foundation ( NSF ) yang diciptakan tahun 1997 untuk menghubungkan 50 situs universitas dan ilmu komputasi.
Yang pertama dari dua program yang didanai NSF adalah National Computational Science Alliance (Aliansi), yang dipimpin oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di Urbana, Illinois. Program kedua, Kemitraan Nasional Advanced Komputasi Infrastruktur (NPACI) dipimpin oleh San Diego Supercomputer Center di University of California di San Diego.

Pusat Supercomputer : 
* Pusat Cornell Teori (CTC) di Universitas Cornell,
 
* The National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois di Urbana-Champaign,
 
* Pittsburgh Supercomputing Center (PSC) di Universitas Carnegie Mellon dan University of Pittsburgh,
 
* San Diego Supercomputer Center (SDSC) di University of California, San Diego,
 
* The John von Neumann Center di Universitas Princeton.


ILMUWAN - ILMUWAN PELOPOR TEKNOLOGI KOMPUTER



1.Martín Abadi adalah seorang ilmuwan komputer, saat ini bekerja di University of California, Santa Cruz dan Microsoft Research. Beliau meraih gelar Ph.D. dari Stanford University pada tahun 1987 sebagai mahasiswa dari Zohar Manna.
Ia terkenal karena karyanya pada keamanan komputer dan bahasa pemrograman, termasuk kertas-nya (dengan Michael Burrows dan Roger Needham) pada logika Burrows-Abadi-Needham untuk menganalisa protokol otentikasi, dan buku-nya (dengan Luca Cardelli) A Theory Objek, meletakkan bate formal untuk semantik dari bahasa pemrograman berorientasi objek.Dia adalah Fellow 2008 dari Association for Computing Machinery.





2. Harold (Hal) Abelson adalah seorang Profesor Teknik Elektro dan Ilmu Komputer di Institut Teknologi Massachusetts (MIT), anggota IEEE, serta termasuk pendiri Creative Commons dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas (Free Software Foundation).
Abelson meraih gelar sarjana (B.A.) dari Universitas Princeton dan gelar doktor (Ph.D.) di bidang matematika dari MIT. Pada tahun 1992, Abelson ditetapkan sebagai salah seorang dari enam anggota awal MacVicar Faculty Fellows. Penetapan tersebut sebagai pengakuan atas sumbangsihnya yang berkelanjutan dan signifikan dalam pengajaran dan pendidikan kesarjanaan. Pada tahun 1995, Abelson menerima Bose Award (Penghargaan di bidang pengajaran dari Sekolah Teknik MIT). Abelson juga merupakan pemenang Penghargaan Pendidikan Taylor L. Booth yang diberikan oleh IEEE Computer Society, atas sumbangsih sinambungnya dalam bidang pedagogi dan pengajaran pengantar ilmu komputer.


3.Samson D. Abramsky FRS, FRSE is a computer scientist who currently holds the Christopher Strachey Professorship at Oxford University Computing Laboratory. He is well known for playing a leading role in the development of game semantics. He has made significant contributions to the areas of domain theory, the lazy lambda calculus, strictness analysis, concurrency theory, interaction categories, and the geometry of interaction.


4.Adem Yassin Hamid adalah Scientist Komputer Australia. Ia dididik di UniSA, UMAS, CMU, dan MIT. hasil  Penelitiannya terutama di Biologi Sistem seperti Artificial homeostatis, Jaringan Syaraf Tiruan dan kognitif Metode Arsitektur Perangkat Lunak. Ia terutama dikenal karena kontribusinya dalam "Cognitive Business Process Engineering" dengan mana ia mampu mengintegrasikan komputasi representasi dari proses bisnis dengan kognisi manusia.


5.Vaino Alfred Aho (lahir 9 Agustus 1941 di Timmins, Ontario) adalah seorang ilmuwan komputer Kanada.Aho menerima B.A.Sc. Teknik Fisika dari Universitas Toronto, dan gelar Ph.D. di Teknik Elektro / Ilmu Komputer dari Universitas Princeton. Ia melakukan penelitian di Bell Labs 1967-1991, dan sekali lagi 1997-2002 sebagai Wakil Presiden Computing Sciences Research Center. Dia saat ini adalah Lawrence Gussman Profesor Ilmu Komputer di Columbia University. Ia menjabat sebagai ketua departemen 1995 sampai 1997, dan sekali lagi pada musim semi tahun 2003.Ia secara luas dikenal karena-kepengarangan rekan dari bahasa pemrograman AWK dengan Peter J. Weinberger dan Brian Kernighan ('A' singkatan dari "Aho"), dan rekan-kepengarangan Compilers: Prinsip, Teknik, dan Tools (yang "Naga buku") dengan Ravi Sethi dan Jeffrey Ullman. Dia menulis versi awal dari Unix dan egrep alat fgrep. Beliau juga merupakan co-author (bersama dengan Ullman dan John Hopcroft) dari sejumlah buku teks banyak digunakan di beberapa bidang ilmu komputer, termasuk algoritma dan struktur data, dan dasar-dasar ilmu komputer.


6.John Vincent Atanasoff (atanasɔf) (4 Oktober 1903 - 15 Juni, 1995) adalah seorang fisikawan Amerika dan penemu. Keputusan 1973 dari gugatan paten Honeywell v. Sperry Rand menamainya penemu komputer digital pertama otomatis elektronik. mesin tujuan khusus-Nya telah datang untuk disebut Atanasoff-Berry Computer.
Anak seorang imigran Bulgaria yang menjadi seorang insinyur listrik, Atanasoff memegang posisi sebagai profesor mengajar, seorang direktur masa perang pemerintah penelitian, dan seorang eksekutif perusahaan penelitian sebelum yang diakui pada tahun 1970-an dan 1980-an untuk penelitian komputer digital elektronik ia dilakukan di Iowa State College pada akhir 1930-an dan awal 1940-an.




7.Charles Babbage (lahir 26 Desember 1791 – meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun) (Perancangan mesin komputer) Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.


8. C. Gordon Bell (lahir 19 Agustus 1934) adalah seorang insinyur komputer dan manajer. Seorang karyawan awal Digital Equipment Corporation (DEC) 1960-1966, dirancang Bell beberapa mesin mereka PDP dan kemudian menjadi Wakil Presiden Teknik 1972-1983, mengawasi perkembangan VAX. karir kemudian Bell's termasuk pengusaha, investor, pendiri Asisten Direktur NSF Computing dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknik Direktorat 1986-1987, dan peneliti di Microsoft Research, 1995-sekarang.


9.Gerrit Anne (Gerry) Blaauw (b. 17 Juli 1924, Den Haag, Belanda, Ph.D. Harvard, 1952) adalah salah satu desainer utama garis komputer IBM System/360, bersama dengan Fred Brooks, Gene Amdahl , dan lain-lain.
Pada 1947, ia memenangkan beasiswa eksklusif didanai oleh Chief Executive Officer IBM Thomas J. Watson. Setelah tahun pertama di Lafayette College di Pennsylvania, Blaauw belajar di Harvard University dengan Howard Aiken, penemu komputer Mark I awal. Di Harvard, ia bekerja pada desain Mark III dan IV Mark komputer. Blaauw bertemu Fred Brooks sementara dia bekerja untuk IBM dan mengunjungi Harvard, di mana Fred Brooks kemudian seorang mahasiswa.
Setelah lulus, Blaauw kembali ke Belanda dimana ia bekerja pada komputer Arra kedua, tetapi pada tahun 1955 kembali ke Amerika Serikat untuk bekerja di laboratorium IBM Poughkeepsie.




10. Philip Emeagwali (lahir 1954) adalah seorang insinyur Igbo Nigeria-lahir dan ilmuwan komputer / ahli geologi yang merupakan salah satu dari dua pemenang Hadiah Gordon Bell 1989, hadiah dari IEEE, untuk penggunaan tentang sebuah superkomputer Mesin Koneksi untuk membantu menganalisa minyak bidang.






11. Susan L. Graham adalah seorang ilmuwan komputer. Graham adalah Chen Pehong Distinguished Professor di Divisi Ilmu Komputer Jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer di University of California, Berkeley
proyek penelitian Graham meliputi:

    
* Harmonia - Sebuah kerangka bahasa berbasis untuk pengembangan perangkat lunak interaktif
    
* Titanium - Sebuah bahasa pemrograman paralel berbasis Java, kompiler, dan sistem runtime.



12.John L. Hennessy

Hennessy memiliki sejarah minat yang kuat dan keterlibatan dalam pendidikan komputer tingkat college. Dia co-menulis, dengan David A. Patterson, dua buku terkenal tentang arsitektur komputer, Komputer Organisasi dan Desain: Hardware / Software Interface dan Arsitektur Komputer: Suatu Pendekatan Kuantitatif, yang memperkenalkan arsitektur RISC DLX. Mereka telah banyak digunakan sebagai buku pelajaran untuk pascasarjana dan program sarjana sejak tahun 1990.
Hennessy juga memberikan kontribusi untuk memperbarui Donald Knuth prosesor MIX ke MMIX. Kedua adalah komputer model yang digunakan dalam seri klasik Knuth, The Art of Computer Programming. MMIX adalah Knuth's DLX setara.





13. Kenneth Eugene Iverson (17 Desember 1920 - 19 Oktober 2004) adalah seorang ilmuwan komputer Kanada mencatat untuk pengembangan bahasa pemrograman APL pada tahun 1962. Dia dihormati dengan Turing Award pada tahun 1979 atas kontribusinya untuk notasi matematika dan teori bahasa pemrograman. Penghargaan Iverson untuk kontribusi untuk APL dinamai untuk menghormatinya.


14. Donald Ervin Knuth (lahir 10 Januari 1938; umur 72 tahun) (nama China: 高德纳, pinyin: Gāo Dénà) adalah ilmuwan komputer terkenal dan profesor emeritus di Universitas Stanford.
Knuth dikenal sebagai pengarang beberapa volume buku The Art of Computer Programming, salah satu referensi yang paling dihormati dalam ilmu komputer. Dia menciptakan bidang analisis algoritma dan membuat banyak sumbangan penting ke dalam beberapa teori ilmu komputer. Dia juga pencipta sistem pengetikan TEX dan sistem desain METAFONT, dan seorang pembuka konsep pemrogaman literate.




15. Louis Willem van der Poel (2 Desember 1926, Den Haag) adalah seorang ilmuwan komputer perintis Belanda, yang dikenal untuk mendesain komputer ZEBRA. Pada tahun 1950 ia memperoleh gelar insinyur di bidang sains terapan di Delft University of Technology. Pada tahun 1956 ia memperoleh gelar PhD dari University of Amsterdam. Judul tesis PhD-nya Prinsip-prinsip logis Beberapa Komputer Sederhana. Dari 1950 hingga 1967 ia bekerja untuk PTT Belanda, dan dari 1962 hingga 1988 adalah (paruh waktu) profesor di Delft University of Technology.
Van der Poel terutama dikenal sebagai pelopor komputer Belanda, perancang Testudo, yang PTERA, ZERO, dan komputer ZEBRA. Dia juga memberikan kontribusi untuk Algol 68 dan LISP untuk ZEBRA.
Sejak tahun 1971 dia adalah anggota dari Royal Belanda Akademi Seni dan Ilmu Pengetahuan (KNAW). Pada tahun 1960 ia menerima, bersama dengan H. Mol, hadiah Visser-Neerlandia untuk pembangunan penerjemah Braille.






No comments:

Post a Comment